Penyebab Kutu Air

Penyakit kutu air merupakan penyakit infeksi kronik yang disebabkan oleh jamur kaki, terutama pada sela-sela jari kaki dan telapak kaki. Tiga genus utama yang menjadi penyebabnya adalah Trichophyton, Epidermophyton dan Microsporum, sedangkan spesies yang paling sering menyebabkan kutu air adalah adalah Trichophyton rubrum dan Trichophyton mentagrophytes. Penyakit ini menyerang segala usia, tanpa membedakan jenis kelamin. Kutu air dapat ditransmisikan melalui kontak langsung, person to person, di kolam renang, penularan terjadi melalui kontak fisik dengan permukaan, seperti lantai kamar mandi umum, ruang ganti dan sebagainya yang terkontaminasi oleh fragmen kulit yang terinfeksi gejala yang ditimbulkan antara lain, kulit pecah bersisik serta rasa gatal.

Faktor resiko kutu air lebih tinggi pada laki-laki dibandingkan wanita. Hal ini disebabkan karena laki-laki lebih sering terjadi trauma pada kuku dan menggunakan sepatu yang ketat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya kutu air, yakni :

– Trauma
– Kelembapan yang berlebihan
– Pakaian yang ketat
– Penggunaan sarana pemandian umum atau kolam renang umum

Tiga spesies jamur, Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes, dan Epidermophyton floccosum, ketiganya sebagai penyebab terjadinya kutu air. Diantara ketiga jamur yang memiliki sifat keratophilic tersebut, Trichophyton rubrum adalah yang paling umum berhubungan dengan kutu air kronis. Faktor yang mempengaruhi penyebaran dari jamur pathogen ini adalah tergantung pada sumber infeksinya yang biasanya berasal dari manusia lain, hewan, dan dari tanah.

Gejala-Gejala Kutu Air

– Biasa terlihat di antara jari ke 4 dan ke 5 serta dapat meluas hingga subdigital dan sela-sela jari yang lainnya

– Terlihat fissura yang dilapisi sisik halus dan tipis

– Terdapat kulit putih dan rapuh

– Dapat disertai infeksi sekunder oleh bakteri sehingga terjadi selulitis, limfangitis, limfadenitis dan dapat terjadi erisipelas

– Dapat berbentuk moccasin foot, yaitu pada seluruh kaki dari telapak, tepi, sampai punggung kaki terlihat kulit menebal dn bersisik, dapat ada eritema yang bersifat ringan dan terlihat pada bagian lesi vesikel dan papul dapat ditemukan.

Upaya pencegahan terhadap kutu air adalah dengan tetap menjaga kaki penderita agar tetap bersih dan kering, antara lain :

– Mencuci seluruh kaki setiap hari dan menggunakan kaos kaki yang bersih setelah mandi atau terpapar air (berenang, hujan, banjir, dan lain-lain)

– Menjaga kaki agar tetap kering terutama pada setiap sela jari kaki sehabis mandi atau terpapar air (berenang, hujan, banjir, dan lain-lain)

– Jika pekerjaan penderita berkaitan dengan penggunaan tempat yang lembab seperti kolam renang umum, sebaiknya menggunakan sandal atau alat perlindungan lain agar kaki tidak kontak langsung dengan lantai yang terkontaminasi dengan jamur lainnya

– Memilih sepatu kulit daripada sepatu dari bahan vinyl, karena sepatu kulit lebih menyerap keringat sehingga menjaga kaki tetap kering.

– Menggunakan kaos kaki yang dapat menyerap keringat

– Jangan bergantian menggunakan sepatu dengan orang lain

CARA PEMESANAN SUPER GREEN PLUS G2

Cara Alami Mengobati Penyakit Seputar Kulit:
Gatal-gatal, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Eksim Basah, Eksim Kering, Kaki Pecah-pecah dan Bersisik

1 Box SUPER GREEN PLUS G2 Isi 10 mL  = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan SUPER GREEN PLUS G2, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati Penyakit KUTU AIR & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kutu Air and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.